Kamis, 02 Juli 2015

Cara Menulis Notasi Algoritma

Animasi Algoritma Quick Sort

Apa itu Algoritma? Bisa Anda baca pada artikel ini. Berikut adalah salah satu metode penulisan Algoritma dalam pseudocode:

Algoritma namaAlgoritma
    {spesifikasi/keterangan}

Deklarasi:
    ...

Deskripsi:
    ...

Bagian pertama adalah nama dari algoritma tersebut, nama yang kita gunakan diusahakan untuk tidak terlalu panjang, kemudian hindari penggunaan spasi, apabila terdapat beberapa kata, ubahlah huruf pertama dari setiap kata menjadi kapital atau spasi diganti underscore (misal: HitungLuas, hitung_luas). Di bawah nama algoritma, terdapat spesifikasi/keterangan tambahan dari algoritma tersebut. Isi dari spesifikasi adalah penjelasan dari program yang kita buat. Spesifikasi diapit oleh kurung kurawal { }, yang menandakan bahwa ini merupakan sebuah komentar ataupun sebagai penjelas dari bagian tertentu.

Bagian kedua adalah Deklarasi, di bagian ini berisi tentang variabel apasaja yang akan kita gunakan nantinya dan tipe data yang digunakan pada setiap variabel yang ada. Ketika kita membuat tipe data bentukan/baru, kita juga menulisnya di bagian deklarasi.

Bagian ketiga adalah Deskripsi, yaitu alur/proses dari pemecahan masalah yang ada. Disinilah inti dari algoritma yang akan kita buat.

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di artikel-artikel saya yang lain.

This Is The Oldest Page