Beberapa istilah geometri mengenai lingkaran, yaitu:
Istilah yang menunjukkan titik, yaitu:
- Titik pusat (P) merupakan titik tengah lingkaran, di mana jarak titik tersebut dengan titik manapun pada lingkaran selalu tetap.
- Jari-jari (R) merupakan garis lurus yang menghubungkan titik pusat dengan lingkaran.
- Tali busur (TB) merupakan garis lurus di dalam lingkaran yang memotong lingkaran pada dua titik yang berbeda.
- Busur (B) merupakan garis lengkung baik terbuka, maupun tertutup yang berimpit dengan lingkaran.
- Keliling lingkaran (K) merupakan busur terpanjang pada lingkaran.
- Diameter (D) merupakan tali busur terbesar yang panjangnya adalah dua kali dari jari-jarinya. Diameter ini membagi lingkaran sama luas.
- Apotema merupakan garis terpendek antara tali busur dan pusat lingkaran.
- Juring (J) merupakan daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh busur dan dua buah jari-jari yang berada pada kedua ujungnya.
- Tembereng (T) merupakan daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh sebuah busur dengan tali busurnya.
- Cakram (C) merupakan semua daerah yang berada di dalam lingkaran. Luasnya yaitu jari-jari kuadrat dikalikan dengan pi. Cakram merupakan juring terbesar.
Algoritma:
Algoritma MenghitungLuasKelilingLingkaran {menghitung luas dan keliling lingkaran yang jari-jarinya dibaca dari user} Deklarasi: const phi = 3.14 r, l, k : real Deskripsi: read(r) luas <- phi * r * r keliling <- 2 * phi * r write(l, k)
Untuk variabel yang tetap atau tidak berubah, kita bisa menggunakan nilai konstan. Cara penulisannya yaitu "const" diikuti nama variabel, lalu samadengan ( = ) dan nilainya, berbeda dengan pemberian nilai yang bertanda anak panah ke kanan ( <- ), variabel konstan pemberian nilainya sekaligus di bagian Deklarasi, bukan di Deskripsi-nya. Disini saya gunakan variabel phi sebagai phi, r sebagai jari-jari, l sebagai luas, dan k sebagai keliling. Kenapa saya gunakan tipe real? Karena tipe real adalah tipe data yang diperuntukkan untuk nilai yang bersifat pecahan.
#include <iostream> //develop251.blogspot.com const float phi = 3.14; using namespace std; int main(){ float r, l, k; cout << "Masukkan jari-jari : "; cin >> r; l = phi * r * r; k = 2 * phi * r; cout << "Luas lingkaran = " << l << endl; cout << "Keliling lingkaran = " << k << endl; return 0; }
Referensi:
- https://id.wikipedia.org/wiki/Lingkaran